Header Ads

Tips memilih Jurusan Kuliah

Kembali lagi bersama saya Rendy Rian Sandhika, kali ini saya mau bahas soal tips - tips dalam memilih jurusan kuliah, ini sangat penting gan, jangan sampai salah memilih jurusan (Ups mungkin kata - kata lama ya). Jadi begini gan, kalau menurut saya ni ya, tidak ada kata salah memilih jurusan gan, yang ada kita tidak mampu menjalani di jurusan tersebut, sebenarnya sih saya yakin bisa gan, cuman kita nya aja yang menyerah duluan mungkin karena kurang motivasi, wajar lah untuk membangun motivasi hidup itu susah banget supaya hidup bisa lebih fresh dan percaya diri. Kenapa saya bilang tidak ada kata "Salah memilih jurusan"? berarti anda mungkin masih kurang percaya bahwa Allah itu maha adil dan Allah itu maha mengetahui, coba bayangin orang yang hanya lulusan SD aja bisa jadi Millionaire seperti Pak Eka Tjipta Widjaja, apalagi kamu yang udah berbekal S1 nanti nya.
Jadi semua itu kembali kepada diri kita sendiri gan, kesuksesan bukan karena anda salah memilih jurusan atau apapun, tetapi karena mindset dan semangat untuk mencapai tujuan, kalau anda fokus, insyaAllah saya yakin anda pasti bisa!
Oke selesai untuk kiasannya, sekarang kita langsung menuju ke Tips - Tips memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anda!

1. Tentukan Peluang kerja jurusan tersebut
Yang pertama anda harus lakukan yaitu menentukan peluang kerjanya di jurusan tersebut gan, jadi kalau saran saya ya, jurusan tersebut harus memiliki sisi swasta dan sisi kepegawaiannya gan. Jadi ini sebenarnya strategi ketika anda selesai kuliah nanti gan, misal agan mau jadi PNS setelah lulus kuliah nanti, tapi logikanya kalau agan terus menunggu sampai pendaftaran PNS di mulai, berapa tahun nanti agan menjadi pengangguran ? nah ini lah kenapa saya sarankan untuk memilih jurusan yang memiliki sisi swasta dan sisi kepegawaiannya, tapi kalau mau berfokus di sisi swasta jadi Entrepreneurship mah gak ada masalah apa - apa, yang jadi masalah kalau anda mau jadi PNS dan harus menganggur sampai pendaftaran PNS itu di mulai, itu menurut saya salah banget gan, karena ane yakin gan, kalian semua punya cita - cita untuk membanggakan kedua orang tua agan, dan kalau bisa membuktikan kesukesan tersebut semuda mungkin, maka dari itu lah saya menyarankan untuk memiliki sisi swasta dan kepegawaian, dan rekomendasi jurusan dari saya yaitu Teknik gan, dan ingat tidak ada kata salah memilih jurusan, hal itu kembali kepada diri agan, karena di sini kita melihat peluang kerja dan hasil yang terbaik gan.

2. Tentukan Universitasnya

Kedua, anda mesti menentukan ranking Universitasnya gan, kalau bisa ranking 10 Besar dari 100 Universitas yang sudah di rangkum oleh Wikipedia gan, silahkan di lihat di link berikut "https://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_universitas_di_Indonesia_menurut_Webometrics".
Kenapa saya sarankan masuk Universitas yang termasuk ranking 10 Besar dari 100 Universitas, karena itu juga menentukan peluang kerja gan, karena sebagian besar gan, penerimaan pekerjaan itu di lihat yang pertama Universitasnya di mana ? Jurusan apa ? Akreditasinya apa ? dll. Kalau yang mau wirausaha mah bisa lewatin tahap ini haha.

3. Tentukan Akreditasi Fakultasnya

Ketiga, anda harus memilih Akreditasi yang terbaik yakni A, kalau C lebih baik agan mundur, karena yang akreditasinya C lumayan sulit untuk mencari kerja gan, seperti biasa, kalau yang maunya jadi Entrepreneurship, bisa di lewatin lah tahap ini, tapi lebih baik tetap mengikuti tahap ini, karena ijazah agan nanti nya bisa sebagai titik aman berwirausaha agan ketika bangkrut, jadi kalau sekali jatuh dalam berwirausaha gak jauh amat jatuhnya.



4. Siap menghadapi tantangan

Siap untuk berkuliah tentunya gan, dan ingat, anda ketika selesai berkuliah harus selesai dengan membawa hasil yang terbaik, karena jika tidak yang terbaik maka selama 4 tahun kemarin agan kuliah berarti sia - sia, oleh karena itu kita harus siap menghadapi kuliah gan.





Ya sekian Tips - tips dari saya gan, saya ucapin terima kasih untuk yang telah berkunjung dan membaca artikel saya, dan jangan lupa meninggalkan komentar dan tentu nya share artikel ini, see you in next post!


13 comments:

  1. Betul banget nih, Nice info bro ;)

    ReplyDelete
  2. Lumayan buat pengembangan pribadi ni..
    Biasanya yang buat bingung kalau udah lulus SMA...
    mau kerja atau kuliah, mau kuliah, bingung mau kuliah dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mm... kalau menurut saya ni ya bro, kuliah sambil Business, menurut saya itu yang efektif :)
      bisa juga Kuliah sambil kerja, tapi jangan sampai mengganggu jam Kuliah, dan jurusan yang paling efektif untuk Kuliah sambil Kerja ya menurut ane masuk ke Jurusan Teknik, seperti misalnya Informatika, selagi kuliah dia bisa menimbah Ilmu untuk persiapan sebagai Freelancer, seperti jasa Desain website atau jadi pemateri seminar :)

      Delete
  3. kalau yang gampang mah tinggal tentukan jurusan yang kamu sukai, cuma itu saja!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap itu jalan yang paling mudah sih bro, tapi kalau menurut saya alangkah baiknya melihat peluangnya kedepan bro karena ini yang bisa nentuin lifestyle kita kedepan juga, memang kalau di pikir semua jurusan itu berpeluang untuk masa depan, tinggal kembali kepada diri kita sendiri

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih banyak gan atas kunjungannya :)

      Delete
  5. jadi tambah referensi nih, tahun depan insy mau kuliah :D
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga mendapat hasil yang terbaik gan :)

      Delete
  6. 2 tahun lagi insya allah ane mau kuliah thanks ya gan atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga mendapatkan hasil yang terbaik kelak ntar ya bro :)

      Delete

Powered by Blogger.