Header Ads

Google Bereaksi Terhadap Penipuan Berbasis Aplikasi Mobile Melalui MoPub

http://www.rendyrians.com/


Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat otak kriminal semakin canggih pula seperti contoh penipuan secara online di beberapa situs. baru-baru ini sebuah platform iklan mobile bernama MoPub membuat google bereaksi keras dengan menghapus lebih dari 200 aplikasi di playstore. Kenapa? simak yuk penjelasan lengkap dibawah ini

     Google kabarnya menghapus lebih dari 200 aplikasi Play Store. Dihapusnya aplikasi tersebut lantaran adanya skema penipuan berbasis aplikasi mobile yang dioperasikan melalui MoPub.

     MoPub merupakan platform iklan mobile yang dimiliki oleh Twitter. Aplikasi tersebut dapat menghasilkan lebih dari USD250 ribu pemasukan per hari melalui penipuan iklan.

     Peneliti di perusahaan keamanan Sentrant Security yang menginvestigasi skema aplikasi mobile 'ad fraud' itu mengidentifikasi total 247 aplikasi yang mengandung ad fraud. Aplikasi tersebut tersedia untuk diunduh di Google Play Store.

     Diestimasi aplikasi 'ad fraud' itu telah ter-install antara 282.998 dan 1.193.665 kali. Google telah diberi tahu oleh Sentrant untuk menghapus aplikasi penipu tersebut dari Play Store.

    "Dalam reaksi untuk komunikasi kami dengan Google, semua aplikasi telah dihapus dari Play Store. Namun, aplikasi yang telah terpasang di perangkat pengguna tidak akan menginfeksi karena pengguna perlu melakukan uninstall aplikasi oleh mereka sendiri," jelas Hadi Shiravi, Co-Founder of Sentrant Security, seperti dilansir Ibtimes, Senin (8/2/2016).

     Ia mengatakan, aplikasi 'ad fraud' ini merupakan skema yang canggih, yang menarget aplikasi mobile di ratusan ribu perangkat. Kabarnya, skema iklan penipuan ini dikembangkan dan dioperasikan oleh perusahaan aplikasi mobile, Academ Media.

      Dengan adanya sistem keamanan yang setiap hari bahkan detik selalu up to date, google sangat aman sekali dan tidak rentan untuk diretas. Hal ini juga berlaku untuk fitur google yaitu playstore, jika memang aplikasi merugikan google atau pengguna, mau tidak mau aplikasi itu harus dihapus meskipun aplikasi itu sudah populer digunakan semua orang.

      Itulah penjelasan lengkap mengenai  penipuan berbasis aplikasi mobile yang dioperasikan melalui MoPub, semoga bermanfaat untuk teman-teman, jangan lupa beri komentar di kotak komentar. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.


Sumber :
http://techno.okezone.com


Sumber Gambar:
http://techno.okezone.com

No comments

Powered by Blogger.