Header Ads

Inovasi Peneliti di UC Berkeley 2016 : Robot Kecoak

http://www.rendyrians.com/


Banyak sekali inovasi yang telah dibuat oleh para peneliti di dunia. Namun apa jadinya jika inovasi itu sangat sensitif dengan kehidupan kita dan berhubungan dengan binatang yang sering kita hindari. Inovasi apa itu? Yaps sudah ada di judul yaitu robot kecoak. Untuk apa fungsinya? Dan kenapa harus kecoak? Simak selengkapnya keterangan dibawah ini.

    Ilmuwan telah membuat robot yang terinspirasi dari kecoak. Meski memiliki exoskeleton, kecoak terbukti mampu melalui lubang-lubang kecil yang sulit dijangkau manusia.

      Peneliti di UC Berkeley mendesain robot tersebut dan menyatakan bahwa robot kecoak ini membuktikan kemampuan unik kecoak dibanding robot yang terinspirasi dari hewan tanpa tulang seperti cacing tanah. Saat diuji, kecoak mampu melewati lubang yang ukurannya hanya sepertiga tinggi kecoak ketika kakinya berdiri.



Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki kecoak :



1.    Binatang dengan exoskeleton seperti kecoak bisa pergi ke mana saja, melewati tempat seperti apa saja.

2.    Mereka berlari sangat cepat bahkan ketika harus berlari dalam lubang sekecil separuh tubuhnya. Kaki mereka menyebar seluruhnya ke samping. Mereka masih bisa berlari pada kecepatan 20 panjang tubuh tiap detik atau 60 centimeter per detik, yang jika diartikan dalam skala manusia yakni 70 mil per jam.

 

       Ahli robot telah mengembangkan banyak "robot lunak" yang terbuat dari polimer lentur dan lebih mirip hewan seperti cacing atau gurita, yang tubuhnya tanpa tulang yang dapat dengan mudah mengubah bentuknya serta bergerak melalui ruang yang rapat. Namun penelitian baru menunjukkan bahwa ternyata makhluk bertubuh keras dapat memberikan model lain untuk robotika lembut juga.

    "Kami berpendapat bahwa inspirasi terbaik untuk robot lunak harusnya arthropoda dengan exoskeleton. Karena tidak hanya mereka lembut dan mampat, tetapi mereka memiliki organ pelengkap juga, seperti kaki dan sayap, yang dapat melakukan banyak hal," jelas Full.

     Berbekal pengetahuan tersebut, para ahli membuat robot dari plastik exoskeleton fleksibel yang bisa berperilaku seperti kecoak. Robot dibangun seperti origami sehingga tidak mahal dan sangat berguna untuk membantu tim penyelamat di daerah rawan bencana.
 
      Sudah tau kan fungsi dari robot kecoak sebenarnya, robot ini juga terinspirasi dari kecoak bukan menyerupai kecoak jadi tidak usah jijik atau takut. Semoga infomasi teknologi kali ini bermanfaat untuk teman-teman. Terima kasih dan sampai jumpa.


Sumber :
http://techno.okezone.com


Sumber  Gambar:
http://techno.okezone.com

No comments

Powered by Blogger.